bentuk iklan online

Viral Marketing adalah istilah penyampaian pesan pemasaran menggunakan internet. Salah satu bentuk konsep Viral Marketing adalah Iklan online. Iklan online dapat dipasang di berbagai saluran komunikasi online seperti chat room, blog, website, buttons, intermercial, pop-up, atau pop-under advertising. Iklan online dapat dikatakan sukses karena ia dapat mencapai pengguna internet di seluruh dunia dengan biaya kecil, sehingga dianggap lebih efektif.
Berikut bentuk-bentuk iklan online :

 Direct Advertaising
Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya. Lebih sederhananya, Direct Advertaising ini pemasang iklan langsung melakukan interaksi dan berhubungan dengan anda. Beda dengan konsep iklan yang menggunakan jasa perantara seperti layanan PPC dan PTR.
Keunggulannya jelas, karena kendali sepenuhnya berada di tangan anda maka uang yang masuk menjadi seluruhnya milik anda tapi yang utama tentu saja bagaimana aturan mainya.
Kekurangannya, untuk para blogger yang memakai konsep direct advertaising kadang dianggap sebagai seorang blogger yang komersil karena sebagian blogger saat ini masih menganggap bahwa memasang iklan di blog akan merusak “nilai luhur” dari blog itu sendiri.
Sumber contoh gambar : goal.com

 Selfservis advertaising
Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online.
Kelebihannya, dari penjelasannya di atas saja kita bisa menafsirkan bahwa kita sebagai pemasang iklan bisa bebas sesuka hati kita untuk mengatur pemasangan iklannya. Ini bisa dikatakan sebagai keunggulan dari bentuk iklan online ini.
Kekurangannya, karena pemasangan iklan ini dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan tentunya harus memiliki kemampuan dalam bidang ini karena bila tidak kita akan dibuat bingung sendiri bagaimana caranya untuk pemasangan iklan online ini.

Sumber contoh gambar : Google AdWords
2

 Ad Networks
Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.
Kelebihannya, dengan ad network ini memungkinkan walau dengan biaya yang sedikit tapi iklan yang dibuat bisa dilihat oleh banyak orang.

Kekurangannya, untuk kekurannya karena dalam Ad Network ini ada peraturannya yang dibuat untuk pemasangan iklan sehingga pemasang iklan tidak bisa sesuka hati dalam memasangkan iklannya.
Sumber contoh gambar : tribal.com

3

 Contextual Advertising
Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.
Kelebihannya, bila memakai bentuk iklan online ini maka iklan yang ditampilkan akan lebih terorganisir misalkan bila kita membuka situs olahraga maka akan muncul pula berbagai iklan yang berkaitan dengan olahraga. Intinya dalam memilih iklan akan disesuaikan dengan kebutuhan kita.
Kekurangannya, karena pada contextual Advertaising, iklan ditentukan oleh sistem di dalamnya maka pemasang iklan tidak bisa menentukan sasaran konsumennya.
Sumber contoh gambar : http:// advertisingcentral.yahoo.com/publisher/index
4

 Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih.
Kelebihannya, tentu tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini twitter merupakan jejaring sosial yang banyak digunakan orang di setiap negara. Dengan demikian beriklan di twitter akan sangat menguntungkan bagi pemasang iklan disini karena twitter merupakan situs jejaring sosial yang banyak dibuka.
Kekurangannya, mungkin bila dari karakter huruf, twitter hanya menyediakan 140 karakter saja. Oleh karena itu pemasang iklan terbatas dalam penulisannya.
Sumber contoh gambar : https://twitter.com/i/discover
5

 In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Kelebihannya, pada bentuk media iklan online ini pemilik hanya tinggal membuat postingan kata-kata yang akan langsung terhubung dengan website dengan content yang diinginkan.
Kekurangannya, perusahaan pengiklan tidak akan bisa memprediksi pangsa pasarnya.
Sumber contoh gambar : http://vibrantmedia.com/publishers/in-text_advertising.asp
6

 Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya.
Kelebihannya, tentu pemasang iklan akan dipermudah dalam segala macam pemasangan iklannya karena bentuk iklan online ini sudah memilih sendiri iklan yang akan ditampilkan dengan pembayaran terbanyak tersebut.
Kekurangannya, tentu pemasang iklan harus memiliki modal yang banyak sehingga perusahan kecil mungkin sulit untuk menggunakan bentuk iklan online ini.
Sumber contoh gambar : http://yieldbuild.com/
7

 Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar.
Kelebihannya, memudahkan promosi iklan dan berbagai macam lainnya karena pihak agensi tentunta membantu bagaimana strategi-strategi yang digunakan.
Kekurangannya, tentu karena melalui berbagai pihak dan perantara akan memakan biaya yang besar.
Sumber contoh gambar : http://www.federatedmedia.com/
8

 Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman.
Kelebihannya, memudahkan promosi juga sedikit dalam biaya produksinya.
Kekeurangannya, harus mempunyai iklan yang dipasang di website atau blog lain agar memudahkan proses promosi.
Sumber contoh gambar : https://www.meebo.com/
9

 Video Advertising
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu.
Kelebihannya, dengan menggunakan bentuk iklan online ini tentu akan memberikan sesuatu yang lebih menarik dari segi visual, audio nya sehingga iklan banyak dilihat.
Kekurangannya, bila koneksi internet yang digunakan agak lambat tentu akan terjadi gangguan saat membuka video iklan tersebut dan sering kali konsumen mengabaikan isi pesan dan lebih tertarik pada tampilannya.
Sumber contoh gambar : http://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=en&answer=1705822
10

 RSS Advertising
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu.
Kelebihannya, penempatan iklan dapat disesuaikan sesuai kebutuhannya.
Kekurangannya, karena telat diproses klasifikasi terlebih dahulu, ada kemungkinan iklan tidak dapat dilihat oleh pengguna internet.
Sumber contoh gambar : http://site.pheedo.com/
11

 Sponsorship
Adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner
Kelebihannya, Lebih efektif jika dipakai ketika mensponsori event-event yang berkaitan dengan produk/jasa perusahaan yang memberi dana.
Kekurangannya, Penjelasan mengenai produk/jasa tidak ada. Karena biasanya hanya berbentuk logo perusahaan.
Sumber contoh gambar : http://www.bhinneka.com/aspx/bursa/brs_ads_tips_iklan_sponsor.aspx
12

Sumber artikel analisis:
http://kronologger.blogspot.com/2008/05/direct-advertising-menurut-cosaranda_04.html
http://www.brickmarketing.com/define-contextual-advertising.htm
http://www.webopedia.com/TERM/C/contextual_advertising.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s