Cyber Pr

Era sosial media telah tiba. Suka tidak suka, mau tak mau, hal ini tentu mempengaruhi cara kerja praktisi public relations (PR). Banyaknya jejaring sosial itu membuat PR tak lagi hanya berkutat dengan urusan press release yang mengedepankan kaidah bahasa formal. PR mesti dituntut lebih luwes untuk bisa berkomunikasi dengan influencer atau khalayaknya di dunia maya.
Public Relations yang menggunakan media internet disebut juga E-PR atau Inisiatif PR. Inisiatif PR ini di Indonesia lebih dikenal dengan Cyber PR. Bagi perusahaan membangun hubungan antara bisnis di suatu perusahaan dan public audience merupakan hal yang sangat penting , dan internet mampu melakukan nya Ribuan One to One Relations dapat dibangun secara simultan secara Interaktif.
Manfaat dari Cyber PR untuk kepentingan humas adalah bisa sedikit menghemat atas biaya kertas, cetak, dan pengirimannya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seorang humas dalam melakukan kegiatan kehumasan di internet, yaitu :
• Publikasi
• Publikasi disini bisa dilakukan dengan cara mailing list-mailing sesuai dengan target perusahaan.
• Media Relation
• Contohnya, seorang humas bisa mengirim siaran pers pada wartawan dengan menggunakan e-mail.

Beberapa Peristilahan dalam dunia Cyber PR :
• Banners ads yaitu sejenis iklan kecil yang ditempatkan di situs web
• Cost per click(CpC) yaitu biaya yang dikenakan kepada si pengiklan setiap kali seorang pengunjung mengklik iklan banner mereka.
• CPM (Cost Per Thousand) yaitu menghitung biaya iklan banner jika suatu situs web menjual ruang iklan yang didasarkan atas impression.
• CyberMall yaitu kumpulan took maya yang dikumpulkan dalam satu situs mall online, disebut juga internet shopping mall.
• Cybernout yaitu orang yang ber’selancar’ di dunia maya.
• Hits yaitu berapa kali pengunjung mengakses ke suatu situs web atau file atau objek yang ada di situs web.
• Unsolicited Email yaitu mengirim email promosi ke sekelompok orang secara random dan tanpa dasar persetujuan. Sama dengan spamming.
• Viral marketing yaitu gaya publisitas dari mulut ke mulut .
• Impressions / Page views yaitu apabila iklan banner dilihat.jika seseorang mengunjungi suatu halaman web enam kali dan melihat iklan berarti akan menghasilkan enam impressions.
Dengan semakin majunya teknologi dari masa ke masa, mungkin Cyber PR akan semakin berkembang di masa depan. Cyber PR merupakan tantangan dan sekaligus cara baru bagi praktisi public relations masa kini untuk terus mengexplore kemampuannya. Jadi apakah ingin belajar atau tertinggal? Pilihan itu terletak di tangan Anda. ( Berbagai Sumber )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s