MySpace untuk promosi

Seperti yang diungkapkan Dennis McQuail, kekuatan media jejaring sosial dalam melakukan publisitas, pencitraan, dan mempersuasi masyarakat, disebabkan oleh kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut dibandingkan dengan media-media terdahulu (media-media konvensional). Kelebihan-kelebihan itu diantara lain :
• Interactivity, kemampuan sifat interaktif yang hampir sama dengan kemampuan interaktif komunikasi antarpersonal,
• Social presence (sociability), yaitu berperanan besar membangun sense of personal contact dengan partisipan komunikasi lain,
• Media richness, yaitu menjadi jembatan bila terjadi perbedaan kerangka referensi, mengurangi ambiguitas, memberikan isyarat-isyarat, serta lebih peka dan lebih personal,
• Autonomy, yaitu memberikan kebebasan tinggi bagi pengguna untuk mengendalikan isi dan penggunaannya. Melalui media tersebut, peserta komunikasi dapat bersikap independen terhadap sumber komunikasi,
• Playfulness, yaitu sebagai hiburan dan kenikmatan,
• Privacy, yaitu fasilitas yang bisa membuat peserta komunikasi menggunakan media dan isi sesuai dengan kebutuhan,
• Personalization, Kelebihan terakhir itu menekankan bahwa isi pesan dalam komunikasi dan penggunaannya bersifat personal dan unik.
Begitu pula dengan MySpace, MySpace adalah salah satu situs social network yang mengkonsentrasikan layanannya di bidang musik. MySpace didirikan pada tahun 2003, di tahun yang sedang marak munculnya social network seperti contohnya Friendster, namun kehadiran MySpace segera menarik perhatian dengan sajian konten yang lebih lengkap, mulai dari tampilan profil pribadi,grup,blog,foto, sampai dengan menu up-load lagu dan video.MySpace juga mempunyai fasilitas khusus untuk para musisi, mereka bisa membuat profil khusus yang mencantumkan genre (jenis/aliran) musik, selain itu user juga bisa memasang demo lagu, maksimal 6 lagu.
Sampai saat ini MySpace sering dimanfaatkan penggunanya sebagai media promosi gratis, banyak dari musisi menggunkan media ini sebagai ajang propaganda atau mencari popularitas. Pada 25 September lalu, MySpace merilis layanan terbau dengan title MySpace Music, sebuah fasilitas yang nantinya akan semakin meperlengkap konten menu didalam MySpace, pengguna bisa mendengarkan musik secara gratis dengan membuat playlist sebanyak-banyaknya, tiap-tiap playlist bisa memuat sampai dengan 100 lagu dan dapat dipublikasikan ataupun didengarkan sendiri, bisa juga di-share dengan pengguna lain. Namun salah satu kekurangan My space salah satunya adalah banyaknya tampilan iklan yang menyebabkan proses loading menjadi sangat lambat.
Dengan begitu, MySpace mempunyai kelebihan yang dikatakan oleh Dennis McQuail, mungkin MySpace kalah bersaing dengan jejaring Facebook di Indonesia saat ini. Tapi MySpace merupakan salah satu jejaring sosial yang bisa dijadikan salah satu cara bentuk promosi yang dilakukan oleh seorang PR.

Sumber Artikel :
http://sedulur-kabeh.blogspot.com/2012/01/macam-macam-jejaring-sosial-social.html
http://tentangmyspace.blogspot.com/
http://sangrajuliano.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s